Rahasia Halalnya Bangkai Ikan

" Air laut adalah suci lagi mensucikan dan halal bangkainya," (HR. Al-Tarmidzi; dia berkata Hadits Shahih" )

Allah SWT telah menghalalkan bangkai laut, artinya bahwa bangkai laut tidak memiliki dampak buruk bagi tubuh ketika kita mengkonsumsinya, padahal seperti yang kita ketahui bahwa ikan termasuk binatang yang memiliki darah sedangkan darah itu sendiri yang kalu kita konsumsi akan berdampak buruk bagi kesehatan kita, lalu apa yang istimewa dari ikan, mengapa berbeda dengan binatang lain yang sama-sama memiliki darah ?




Kelebihan ikan yang tidak ada pada binatang lain

Allah memeberikan keistimewaan yang diletakkan pada ikan, yaitu apabila ikan ditangkap dan keluar dari laut, lalu mati, niscaya darah-darahnya akan terkumpul di jakun, seolah-olah disembelih. Keistimewaan lainnya adalah karena ikan tidak memiliki saluran darah ( tidak memiliki leher untuk disembelih).

Oleh karena itu, kita sering mendapati daging ikan berwarna putih dan tidak terlihat darah yang membeku di sana, karena darahnya telah mengumpul di jakun. Jadi kenapa Nabi SAW menghalalkan  bangkai ikan laut, disamping itu merupakan syariat yang diwahyukan Allah kepada Beliau, ternyata kandungan hikmah yang terkandung dalam penghalalan bangkai ikan telah terbukti secara ilmiah, di antaranya darah ikan yang mati berbeda dengan darah darah binatang lain ketika mati. Darah secara otomatis terkumpul di jakun, jadi tidak perlu disembelih.