Bolehkan Mengoleksi Boneka Menurut Kacamata Islam ?

Boneka ? Bentuknya yang lucu dan imut  biasanya sangat disukai anak-anak maupun remaja putri , selain untuk teman tidur pengganti guling , ada juga yang gemar mengkoleksinya, hal ini dikarenakan adanya tokoh kartun yang berbentuk manusia atau binatang yang diidolakan dalam bentuk boneka.

Bagaimana Islam memandang hobi mengoleksi boneka di atas ?
Dalam hal ini Islam memberikan rukshah atau keringanan untuk boneka, dan tidak mengapa anak-anak kecil memiliki boneka baik yang berbentuk manusia atau binatang. Hal ini berdasarkan atsar dari Aisyah RA berikut,

" Aku biasa bermain-main dengan anak-anakan perempuan (boneka perempuan) di sisi Rasulullah SAW dan kawan-kawanku datang kepadaku, kemudian mereka menyembunyikan boneka-boneka tersebut karena takut kepada Rasullulah SAW, tetapi Rasullulah SAW malah senang dengan kedatangan kawan-kawanku itu, kemudian mereka bermain-main bersama aku." (Riwayat Bukhari dan Muslim).

Dan dalam riwayat yang lain diterangkan :

"Sesungguhnya Rasullulah SAW pada suatu hari bertanya kepada Aisyah : Apa ini ? Jawab Aisyah : ini anak-anak perempuanku (boneka perempuanku); kemudian Rasullulah SAW bertanya lagi : Apa yang di tengahnya itu ?  Jawab Aisyah RA : Kuda. Rasullulah SAW bertanya lagi : Apa yang di atasnya itu ? Jawab Aisyah RA : itu dua sayapnya. Kata Rasullulah SAW: Apa ada kuda yang bersayap ? Jawab Aisyah RA : Belumkah engkau mendengar, bahwa Sulaiman bin Daud AS mempunyai kuda yang mempunyai beberapa sayap ? Kemudian Rasullulah SAW tertawa sehingga nampak gigi gerahamnya." ( Riwayat Abu Daud)