Anis Matta Dinilai Lebih Kuat Dibanding Aher dan Sohibul

Bacaan - PKS menyorongkan 3 nama sebagai kandidat cawapres Prabowo, yaitu Anis Matta, Ahmad Heryawan dan Sohibul Iman. Dari tiga nama itu, Anis Matta juga disebut oleh elite Gerindra dilirik sebagai cawapres.

Pengamat politik dari lembaga survei Median, Rico Marbun, mengatakan Anis Mata merupakan tokoh sentral di PKS. Dia mengatakan, secara survei, nama Anis Mata berada paling atas di antara tokoh PKS lainnya.

"Memang Anis Matta sekarang tidak memegang jabatan strategis di pemerintahan atau partai, tapi perlu kita ketahui bahwa mobilitas dia paling besar. Dia dulu berapa lama jabat Sekjen PKS, lalu dia pernah Wakil Ketua DPR dan Presiden PKS," ucap Rico saat diwawancara detikcom, Selasa (27/3/2018).

Rico menambahkan, PKS memiliki 3 nama tokoh yang kuat untuk maju pilpres. 3 nama itu ialah, Anis Matta, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Fahri Hamzah. Menurutnya, Anis Matta mempunyai hasil survei paling tinggi.

"Dan untuk secara nasional Anis Matta masuk 10 besar bursa capres," ujarnya.

Rico menambahkan, sangat mungkin Anis Matta menjadi Capres atau Cawapres. Dia menjelaskan, track record Anis sangat bagus. Keterampilan Anis menjadi pemimpin juga sudah diuji saat memimpin PKS setelah menggantikan Luthfi Hasan Ishaaq yang ditangkap KPK.

"Selain faktor sudah lama di PKS dan berhasil menyelematkan PKS saat kasus OTT LHI oleh KPK. Selain itu, tema yang dibawa arah baru Indonesia yang mungkin sesuai dengan harapan dan situasi masyarakat Indonesia saat ini," ucapnya.

Tetapi, Rico menyangsikan jika Anis Matta bisa kembali memimpin PKS. Menurut Rico, PKS tidak punya tradisi pergantian pimpinan di tengah jalan. Rico menilai, sulit jika Anis akan kembali duduki posisi atas di partainya.

"Saya rasa sulit, pertama karena tradisi. Di PKS tidak ada tradisi pergantian pimpinan diganti tengah jalan. Kecuali zaman LHI (Luthfi Hasan Ishaaq) itu karena ada kasus. Yang kedua tidak mungkin karena Pak Anis apa mau turun jadi Sekjen?" ungkap Rico.

Sebelumnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, mengatakan, Anis Matta bisa saja disodorkan menjadi cawapres Prabowo.

"PKS gembira jika Mas Anies (Baswedan) diajukan oleh Gerindra. Kami juga yakin kader PKS siap berkontribusi. Ustaz Anis Matta, Ustaz Sohibul Iman, ataupun Kang Aher, semua layak," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat dihubungi, Selasa (27/3). 

Sumber: detik